Siapa Bilang Ngurus Pajak Susah?

Posted on September 27, 2019

Bila mendengar kata pajak, apalagi terpaksa harus berurusan dengan pajak, sebagian besar dari Taxmates pasti langsung merasa alergi. Karena kemungkinan yang  terlintas di benak Taxmates adalah sebuah proses panjang nan rumit yang penuh jalan berliku. Singkatnya, pajak itu masih dianggap ribet bagi banyak orang. Sebenarnya respon tersebut hanyalah sugesti belaka yang disebabkan karena kurangnya edukasi dan minimnya pemahaman akan pajak.

Percaya nggak kalau dalam kehidupan sehari-hari dapat dipastikan Taxmates selalu bersinggungan dengan pajak. Misalnya, saat melakukan transaksi pembayaran untuk pembelian barang maupun pemakaian jasa tertentu, Taxmates akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sesuai regulasi dari pemerintah. Mulai dari belanja kebutuhan harian di mini market, bersantap di restoran cepat saji favorit, sampai hal paling sederhana seperti urusan administratif juga dikenakan pajak atas dokumen dalam bentuk bea materai.

PPN termasuk dalam jenis pajak tidak langsung, oleh karena itu kewajiban Taxmates hanya sebatas membayar pajak yang terakumulasi dengan nilai transaksi jual beli. Artinya, pihak penjual yang akan menyetorkan dan melaporkan pajak yang ditanggung  oleh pihak konsumen . Beda halnya dengan PPh (Pajak Penghasilan) pribadi atau badan usaha, yang mekanismenya terdiri dari beberapa tahapan. Mulai dari pencatatan, penghitungan, pembayaran, hingga pelaporan pajak harus diurus secara mandiri oleh wajib pajak yang bersangkutan.

Bagi Taxmates yang berstatus sebagai karyawan, biasanya dilema baru dirasakan pada masa pengisian formulir SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) dan kemudian diteruskan dengan pelaporan pajak penghasilan. Meski rutin dilakukan sekali dalam setahun, tapi praktiknya sering menimbulkan pertanyaan yang berujung pada kebingungan. Belum lagi Taxmates harus rela mengorbankan waktu untuk menjalani antrian panjang di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) saat proses pelaporan pajak.

Jadi nggak heran kalau image yang terbentuk mengenai pajak cenderung negatif. Ya, karena terbayang tingkat keribetannya. Padahal di era digital yang semakin berkembang pesat seperti sekarang ini, semua pengurusan pajak semakin dipermudah melalui sistem online.

Nah, mulai sekarang Taxmates nggak perlu khawatir lagi mengurus serba-serbi pajak penghasilan, baik pribadi atau badan usaha. Karena kini sudah diluncurkan aplikasi Hi Pajak, sebuah aplikasi pajak baru yang 100% merupakan hasil inovasi anak bangsa. Dengan menggunakan Hi Pajak, Taxmates nggak bakal kesusahan lagi mengurus pajak penghasilan. Berbagai fitur pintar yang difasilitasi Hi Pajak siap membantu dan mempermudah permasalahan pajak Taxmates kapan saja dan di mana saja.

Salah satu keunggulan Hi Pajak dibanding aplikasi lain terletak pada sebuah fitur yang dinamakan AI-Based Chatbot. Melalui sistem chatting yang dimotori oleh teknologi digital berbasis kecerdasan buatan ini, aplikasi Hi Pajak mampu menyederhanakan semua urusan pajak Taxmates dari level dasar yang bersifat administratif hingga level yang paling advance/pro, yaitu konsultasi pajak. Jadi, sejak memulai aplikasi Hi Pajak, Taxmates cuma perlu menjawab pertanyaan yang diajukan dalam kolom chatting yang tersedia, dan selanjutnya akan diarahkan pada beragam layanan Hi Pajak sesuai dengan kebutuhan perpajakan Taxmates.

Hi Pajak mengusung konsep one stop tax solution yang siap memberikan solusi terbaik untuk segala permasalahan Taxmates yang berhubungan dengan pajak penghasilan pribadi atau badan usaha. Layanan konsultasi pajak yang didukung oleh tim konsultan bersertifikasi dan professional bisa dijadikan opsi utama Taxmates untuk penanganan yang lebih intensif. Terlebih untuk menindak kasus-kasus penting yang melibatkan pengadilan pajak, maka disediakan pendampingan secara khusus oleh Hi Pajak hingga menghasilkan kata kesepakatan dari pihak-pihak yang terkait.Jadi, dengan tercetusnya aplikasi Hi Pajak, nggak akan ada lagi alasan ribet dalam mengurus pajak. Semua serba dipermudah. Dengan mengandalkan fitur-fitur pintar dan berbagai layanan yang ditawarkan Hi Pajak, kini Taxmates punya solusi pajak super jitu hanya dalam genggaman. #PajakBeresBebasStres