Artikel

WIBLS (Waktu Indonesia Bagian Lapor SPT)

Karena sudah memasuki periode pelaporan SPT, yuk kita bahas serba serbi mengenai pelaporan SPT!

Baca Selengkapnya →

Apa itu Bukti Potong?

Kok pada saat membuat SPT harus memasukkan bukti potong? Apa itu bukti potong? Dapatnya darimana ya?

Baca Selengkapnya →

Umur Berapa Wajib Bayar Pajak?

Hi Taxmates! Pernah ngga sih kamu melihat seorang anak dibawah umur 18 tahun memiliki penghasilan diatas PTKP? Pernahkan kamu melihat anak - anak membintangi sinetron ataupun film? Mereka tentunya dibayar dan penghasilan mereka bisa saja menyentuh angka yang setara atau bahkan lebih dengan pegawai-pegawai kantor yang bekerja. Lalu apakah mereka bisa membayar pajak penghasilan?

Baca Selengkapnya →

Aku udah ngga kerja… ngga ada penghasilan juga… tapi harus tetap bayar pajak?

Hai Taxmates, permasalah ini seringkali terjadi terlebih pada era pandemi sekarang. Banyak pekerja yang dirumahkan atau kegiatan usaha yang terhenti tetapi tetap harus membayar pajak. Lalu harus gimana dong?

Baca Selengkapnya →

Surat Pemberitahuan (SPT)? Apa itu?

Halo Taxmates! Kamu pasti sering denger deh himbauan "jangan lupa lapor SPT ya" atau "yuk lapor SPT". Nah emang apasih SPT itu? SPT itu bukan saudaranya PPT maupun SPP ya Taxmates tetapi adalah Surat Pemeritahuan (SPT) yang digunakan Wajib Pajak untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Segala informasi yang dituliskan dalam SPT harus benar, lengkap, dan jelas.

Baca Selengkapnya →

Registrasi NPWP Tidak Berhasil, NPWP Hilang, dan Cek NPWP

Pembuatan NPWP memang terlihat cukup praktis. Namun, tetap saja ada resiko NPWP ditolak. Jika pembuatan NPWP gagal, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah identifikasi penyebab kegagalan tersebut. Berikut adalah hal-hal yang seringkali menyebabkan pembuatan NPWP gagal beserta solusinya...

Baca Selengkapnya →

Syarat dan Cara Membuat NPWP

Sekarang pembuatan NPWP memang dimudahkan dengan adanya pendaftaran online. Namun, syarat untuk membuat NPWP tetap perlu kamu perhatikan untuk menghindari gagalnya pembuatan NPWP. Berikut adalah beberapa syarat pembuatan NPWP...

Baca Selengkapnya →

Pengertian, Jenis, dan Manfaat NPWP

Halo Taxmates! Dalam dunia perpajakan, pasti kamu udah sering atau setidaknya pernah denger deh tentang “NPWP”. Tapi kamu tau ngga sih pengertian NPWP yang sebenarnya?

Baca Selengkapnya →

First Winner of Alibaba GET Global Challenge 2020, HiPajak indonesia

Usaha keras tidak akan mengkhianati hasil.

HiPajak Indonesia as First Winner of Alibaba GET Global Challenge 2020 & also as Viewers Choice / Most Favorite of Alibaba GET Global Challenge 2020

Memenangkan sebuah kompetisi global memang bukan hal yang dapat dicapai dalam semalam. Dibalik cerita kesuksesan memenangkan Alibaba GET Global Challenge, banyak tantangan yang harus dilewati oleh HiPajak. Tetapi, tantangan itu tidak membuat HiPajak menyerah begitu saja.

Baca Selengkapnya →

HiPajak bantu urus EFIN Pribadi kamu

EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik di antaranya untuk e-Filing pajak pada DJPonline. EFIN berguna sebagai salah satu alat autentikasi agar setiap surat pemberitahuan pajak (SPT) yang Anda kirimkan dapat dienkripsi sehingga terjamin kerahasiaannya.

Baca Selengkapnya →