Apa itu EFIN Pajak?

Posted on 19/11/2021

    Dalam era digital sekarang semua dapat dilakukan serba online termasuk pajak. Tapi untuk melakukan aktifitas pajak online memerlukan EFIN. EFIN Pajak diperlukan untuk membuat akun dalam melakukan aktifitas pajak online. EFIN pajak berbentuk nomor identitas. 

    Tapi ternyata masih banyak Wajib Pajak yang belum mengetahui apa itu EFIN pajak dan bagaimana cara membuat EFIN. Jika tidak memiliki EFIN maka Wajib Pajak tidak bisa melakukan aktifitas pajak online. Oleh karena itu kali ini HiPajak akan membahas pengertian EFIN Pajak dan jenis EFIN yang nantinya setelah itu juga akan dibahas bagaimana cara membuat EFIN langsung dan EFIN online

Apa itu EFIN?

    EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) untuk wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik perpajakan, seperti lapor SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak. Jadi EFIN itu berbentuk nomor seperti NPWP. Sistem EFIN akan menjamin wajib pajak untuk melakukan aktivitas pajak dengan keamanan yang baik. Jika dulu lapor dan bayar pajak harus datang langsung ke kantor pajak, setelah era digital semuanya bisa dilakukan dari rumah. Namun, dengan semakin canggihnya teknologi, ada kemungkinan data kita bocor. Nah, di sinilah salah satu fungsi EFIN.

    Setelah EFIN yang kamu miliki aktif, kamu dapat menggunakannya​ untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online. Untuk kamu yang telah terdaftar, EFIN ini juga diperlukan jika akan melakukan reset password maupun email di situs aplikasi DJP Online. Jadi, simpan EFIN milikmu dengan baik..

Jenis - Jenis EFIN

    Berdasarkan penggunaannya EFIN di bagi menjadi 2 jenis, yaitu EFIN yang diperuntukan bagi Wajib Pajak Badan atau perusahaan dan EFIN yang diperuntukan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Apa yang membedakan? Syarat - syarat yang diperlukan berbeda untuk Wajib Pajak orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan, tetapi untuk cara membuatnya tetap sama.

Manfaat EFIN

Beberapa manfaat dari aktivasi EFIN yang perlu Taxmates ketahui antara lain :

  • Melalui EFIN, seorang wajib pajak bisa melakukan akses sistem pajak online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu antre di KPP.
  • EFIN kemudian akan menjamin kerahasiaan data yang kamu masukkan ke sistem pajak online.
  • Jika kamu melaporkan pajak secara online, maka data kamu sudah terekam di sistem pajak. Selanjutnya untuk melakukan laporan pajak tahun berikutnya, maka kamu tidak perlu mengulang isian dari awal lagi.

    Dengan memiliki EFIN pajak pribadi maupun EFIN badan, Taxmates sebagai wajib pajak bisa melakukan lapor pajak secara online, tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak atau KPP terdekat. Jadi sekarang Taxmates sudah mengerti kan apa yang dimaksud EFIN pajak dan juga jenis serta manfaat EFIN? Setelah ini HiPajak akan membahas cara membuat EFIN Pajak, syarat membuat EFIN Pribadi serta EFIN Badan, dan langkah yang harus dilakukan jika lupa/hilang EFIN pajak.

    Jangan lupa urus segala aktivitas pajak kamu di aplikasi HiPajak ya, terjamin keamanan dan kemudahannya!