Artikel

Habis Lapor SPT Pribadi, Terbitlah Lapor SPT Badan

Bulan April adalah batas terakhir pelaporan SPT Tahunan untuk badan. Berikut syarat, tata cara, hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan, serta denda terlambat lapor yang kamu dapat simak di artikel berikut ini!

Baca Selengkapnya →

Jenis Pajak di Indonesia yang perlu banget kamu tau!

Kenapa pajak kendaraan tidak bisa diurus di KPP? Hem udah pada tau belum?

Baca Selengkapnya →

Harta yang paling berharga adalah keluarga

“Ini (kolom) harta, diisi apa, ya?” “harta yang paling berharga adalah keluarga, dimasukkan dimana ya?” “saya ngga punya harta yang gimana gimana”

Pertanyaan atau pernyataan tersebut sering muncul dibenak wajib pajak bahkan terkadang beberapa kali ditanyakan ke konsultan HiPajak dalam konsultasi curhat pajak. Jadi sebenarnya yang termasuk ke dalam kategori “harta” yang dimaksud dalam pajak itu bagaimana sih?

Baca Selengkapnya →

Denda dan Sanksi

Ketahui denda dan sanksi jika kamu terlambat pelaporan SPT, pelaporan SPT yang tidak lengkap/ tidak benar, tidak lapor SPT, dan salah dalam pelaporan SPT!

Baca Selengkapnya →

Wanita Menikah yang Tidak Bekerja, Wajib Tau Pajak ini!

Banyak wanita yang masih bingung tentang kategori pajak jika mereka sudah menikah, tidak bekerja lagi, tidak memiliki penghasilan, dan permasalahan lainnya. Secara singkat dibahas dalam artikel berikut ini.

Baca Selengkapnya →

Perbedaan SPT Masa (Bulanan) dan SPT Tahunan

Apa sih bedanya SPT Masa (Bulanan) dan SPT Tahunan?

Baca Selengkapnya →

WIBLS (Waktu Indonesia Bagian Lapor SPT)

Karena sudah memasuki periode pelaporan SPT, yuk kita bahas serba serbi mengenai pelaporan SPT!

Baca Selengkapnya →

Apa itu Bukti Potong?

Kok pada saat membuat SPT harus memasukkan bukti potong? Apa itu bukti potong? Dapatnya darimana ya?

Baca Selengkapnya →

Umur Berapa Wajib Bayar Pajak?

Hi Taxmates! Pernah ngga sih kamu melihat seorang anak dibawah umur 18 tahun memiliki penghasilan diatas PTKP? Pernahkan kamu melihat anak - anak membintangi sinetron ataupun film? Mereka tentunya dibayar dan penghasilan mereka bisa saja menyentuh angka yang setara atau bahkan lebih dengan pegawai-pegawai kantor yang bekerja. Lalu apakah mereka bisa membayar pajak penghasilan?

Baca Selengkapnya →

Aku udah ngga kerja… ngga ada penghasilan juga… tapi harus tetap bayar pajak?

Hai Taxmates, permasalah ini seringkali terjadi terlebih pada era pandemi sekarang. Banyak pekerja yang dirumahkan atau kegiatan usaha yang terhenti tetapi tetap harus membayar pajak. Lalu harus gimana dong?

Baca Selengkapnya →