Get 20% Discount for New Member Register Now!

Cara Lapor PPh 23

Cara melaporkan spt tahunan online badan sangat mudah dan cepat. Berikut ini sudah ada beberapa cara pelaporan SPT Tahunan Badan online yang benar. DJP saat ini telah menyediakan dua pilihan untuk melaporkan cara lapor SPT Tahunan Badan online, yakni e-Filing dan e-Form. Dimana mempunyai ketentuan berbeda dari masing-masing aplikasi untuk cara lapor pajak badan online tersebut. Umumnya, untuk mempermudah Wajib Pajak Badan (WP Badan) bisa melakukan cara lapor SPT Tahunan Badan online, Direktorat Jenderal Pajak (DJP). .

Baca Juga: Mengenal PPh Pasal 28

Ketentuan Cara Lapor Pajak Badan Online

N spt adalah salah satu metode uji yang dilaksanakan bersamaan dengan pengeboran untuk mengetahui. Mulai dari perlawanan dinamik tanah maupun pengambilan contoh terganggu dengan teknik penumbukan.

Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan. Hal ini dilakukan untuk melakukan cara lapor pajak tahunan online.  Ketentuan dari cara lapor SPT Tahunan ini harus dipenuhi dengan baik dan benar sebagai syarat cara pelaporan pajak npwp usaha kecil. Sementara itu, untuk mengaktivasi EFIN cukup mudah, yaitu:

  • Pertama, bisa buka situs DJP Online Djponline.pajak go id. Kemudian, bisa “Daftar di sini” kemudian masukkan berkas persyaratan; NPWP, EFIN, dan kode keamanan. Kemudian, klik“Verifikasi”
  • Berikutnya, akan muncul halaman di mana nama wajib pajak sudah terisi secara otomatis.   dan sesuai. Selanjutnya, bisa langsung “Daftar di sini”, dan masukkan NPWP, EFIN, serta kode keamanan. Berikutnya,  klik “Verifikasi”.
  • Kemudian, akan muncul halaman di mana nama wajib pajak sudah terisi secara otomatis. Pastikan juga seluruh informasi sudah benar dan sesuai. Berikutnya, bisa masuk tahap registrasi.
  • Selanjutnya, bisa masukkan alamat surel dan nomor ponsel. Lalu kata sandi untuk login akun DJP Online.
  • Periksa juga surel yang akan didaftarkan tadi. Pada tautan aktivasi yang diberikan oleh DJP Online, klik langsung tautan tersebut untuk mengaktivasi akun DJP Online.
  • Selanjutnya, bisa login dengan menggunakan NPWP dan kata sandi yang tadi dibuat. Lalu EFIN telah diaktivasi dan siap untuk lapor pajak.

Cara Lapor SPT Tahunan Badan di DJP Online

Jika semua dokumen siap, maka pelaporan pajak bis dilakukan. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada dua pilihan cara pelaporan SPT Tahunan badan online melalui DJP online, yaitu eFiling dan eForm. Cara lapor SPT Tahunan melalui pembuatan e filing pribadi atau Badan secara online melalui DJP Online sebagai berikut:

  • Pertama, bisa login akun e-Filling pada situs web DJP Online. Kemudian, klik “e-Filing” kemudian pilih “Buat SPT”.
  • Kemudian, bisa Isi dan lengkapi formulir yang diberikan. Jawab langsung beberapa pertanyaan panduan yang muncul setelahnya.
  • Selanjutnya, bisa masukkan kode verifikasi yang sebelumnya sudah dikirim ke alamat surel.
  • Berikutnya, Klik “Kirim SPT”, maka proses lapor pajak selesai.

Cara untuk Lapor Pajak Online

Kemajuan teknologi saat ini, malah akan mendorong inisiatif untuk melakukan lapor pajak untuk thr dan bonus. Mulai dari wajib pajak Badan (WP Badan) maupun wajib pajak Pribadi (WP Pribadi), bahkan bisa melakukan pelaporan pajak online, dengan cara sebagai berikut:

1. Persiapan Lapor Pajak Online 

Taxmates, ada hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu melaporkan SPT Pajak. Bagi WP Pribadi karyawan maupun pekerja, Taxmates harus bisa langsung melengkapi dokumen bukti pemotongan PPh Pasal 21 dari pihak pemberi kerja (biasanya diberikan oleh HRD perusahaan). 

Sementara itu, WP Pribadi karyawan juga wajib untuk mempersiapkan EFIN sebelum melakukan lapor pajak secara online. Sesudah kamu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, saat ini Taxmates bisa langsung melakukan lapor pajak online, dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama, bisa langsung masuk ke laman Djponline.pajak.go id. Kemudian, lanjut loginn dengan nomor NPWP dan kata sandi yang sudah ada, dan isikan kode unik (captcha)
  • Selanjutnya, sejumlah pertanyaan yang tersedia sesuai dengan kondisi dan keadaan WP. Lalu isi formulir SPT dengan benar. Umumnya, WP akan menerima tanda bukti bila SPT sudah berhasil dilaporkan.

Cara Bayar Pajak Online

Bayar pajak secara online umumnya bisa langsung menggunakan e-Billing pada laman DJP Online. Taxmates harus bisa langsung mengikuti membuat npwp usaha kecil sebagai berikut:

  • Pertama, bisa langsung Login ke laman djponline.pajak go id. Selanjutnya, bisa masukkan NPWP, password, dan kode keamanan untuk login ke akun Anda.
  • Berikutnya, bisa langsung pilih menu e-Billing System. Lanjut pilih menu Isi SSE,  kamu bisa mendapat form Surat Setoran Elektronik (SSE) yang harus diisi.
  • Berikutnya, data pada formulir tersebut akan terisi otomatis. Hal yang harus kamu ubah hanya pada kolom Jenis Pajak, Jenis Setoran, Masa Pajak, Tahun Pajak, Uraian Pajak yang dibayarkan, serta Jumlah Setoran.
  • Jika sudah merampungkan pengisian, klik Simpan. Maka bisa langsung Klik pada pilihan Kode Billing. Kemudian, bisa klik Cetak Kode Billing.
  • Jika sudah memperoleh Kode Billing, bayar pajak online melalui bank, kantor pos, atau ATM yang Anda gunakan. Kamu juga bisa melalui internet banking bila ingin menggunakan fasilitas tersebut.

Cara Membayar Pajak NPWP Pribadi

Ada beberapa layanan bayar pajak online melalui e-Billing ini bisa diakses di situs djponline.pajak.go.id. Berikut ini cara membayar pajak NPWP Pribadi dengan e-Billing DJP Online:

  • Pertama, bisa Login ke laman djponline.pajak go id. Kemudian, bisa masukkan NPWP, password, dan kode keamanan untuk login ke akun Anda.
  • Berikutnya, pilih menu e-Billing System dan pilih pada menu Isi SSE. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan form Surat Setoran Elektronik (SSE) yang harus isi.
  • Data yang ada pada form tersebut akan terisi otomatis. Hal yang perlu kamu ubah hanya pada kolom Jenis Pph 23 atas jasa, dan Jumlah Setoran.
  • Berikutnya, harus merampungkan pengisian, klik Simpan. Kemudian, Klik pada pilihan Kode Billing dan Cetak Kode Billing.
  • Jika sudah mendapatkan Kode Billing, hitungan spt tahunan pribadi lewat bank, kantor pos, atau ATM yang gunakan. Bisa saja melalui internet banking bila kamu menggunakan fasilitas tersebut.

Itu saja beberapa informasi terkait Pph 23 atas jasa. 

Masih bingung Taxmates? Yuk konsultasi aja langsung di aplikasi HiPajak! Dengan aplikasi HiPajak kamu bisa lapor SPT secara online dengan mudah, bisa juga konsultasi permalasalahan pajak langsung dengan konsultan bersertifikat dan berpengalaman!



Share

Download dan Nikmati Layanan HiPajak Sekarang

Whatsapp
Email