Gagal registrasi NPWP? Gagal validasi NPWP? Ini Penyebab dan Solusinya!

Posted on 14/03/2022

Sebagai Warga Negara Indonesia yang sudah bekerja dan punya penghasilan, wajib hukumnya memiliki NPWP. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah identitas wajib pajak yang berfungsi sebagai sarana administrasi perpajakan. Tetapi seringkali dalam registrasi NPWP menemui kesulitan yang membuat gagal dalam registrasi NPWP khususnya registrasi NPWP online. Beberapa kegagalan dalam registrasi NPWP yang sering terjadi adalah validasi NIK, NIK tidak valid, email sudah digunakan dan lain - lain. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi validasi NIK, NIK tidak valid, email sudah digunakan dan masalah lain?


Cara Registrasi NPWP 

Setidaknya ada 4 (empat) cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan NPWP. 

  1. Datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak/KP2KP yang tempat kerja atau tempat tinggal/lokasi usahanya.
  2. Kirim pos, dengan menyerahkan formulir pendaftaran dengan melampirkan dokumen persyaratan kepada KPP/KP2KP yang tempat kerjanya atau tempat tinggal/kegiatan usahanya.
  3. Registrasi online melalui laman pendaftaran elektronik Ditjen Pajak https://ereg.pajak.go.id/ dan mengajukan dokumen yang diperlukan. 
  4. Registrasi online melalui aplikasi HiPajak dengan download langsung di Appstore dan Playstore


Cara Registrasi Wajib Pajak Online

Jika Taxmates masih merasa terlalu repot registrasi secara offline atau manual, langkah registrasi Wajib Pajak Online ini bisa menjadi solusi, sebab cara ini jauh lebih mudah dilakukan daripada cara manual. Registrasi pajak online dapat dilakukan melalui laman pendaftaran elektronik Ditjen Pajak https://ereg.pajak.go.id/.

Jika Taxmates terkendala saat proses registrasi pajak, maka Taxmates akan mendapatkan konfirmasi penolakan oleh otoritas pajak setempat. Nah Taxmates tidak perlu khawatir, karena mungkin ada beberapa kesalahan dalam pendaftaran pajak saat melakukan registrasi pajak melalui DJP-Online.


Sekarang Bisa Registrasi NPWP di HiPajak

Selain melalui laman pendaftaran elektronik Ditjen Pajak ereg.pajak.go.id. sekarang di HiPajak juga sudah bisa membuat NPWP. Dengan hanya 4 langkah utama, membuat NPWP di HiPajak jauh lebih mudah dan cepat dari pembuatan NPWP pada biasanya. Selain itu layanan buat NPWP di HiPajak juga gratis, dan admin HiPajak selalu siap menjawab pertanyaan terkait kesulitan Taxmates dalam membuat NPWP. NPWP yang dibuat di HiPajak akan otomatis tersimpan dalam akun HiPajak yang digunakan, sehingga ngga perlu takut lagi lupa atau hilang lagi deh!


Penyebab Registrasi NPWP Gagal

Ada sejumlah alasan mengapa registrasi pajak Taxmates gagal. Berikut ini adalah penyebab paling umum:

    1. Tidak Ada Konfirmasi / Aktivasi Email

Saat mendaftarkan pajak online pastikan Taxmates memverifikasi alamatnya email dengan benar. Nanti Taxemate akan mendapatkan link aktivasi untuk  proses registrasi lebih lanjut. 

Kesalahan paling umum adalah menggunakan alamat email yang salah atau email sudah tidak aktif lagi. Bagi yang ingin mendaftar sebagai Wajib Pajak  harus klik tautan aktivasi yang masuk ke email untuk melanjutkan proses registrasi NPWP.

    2. Password Salah

Pastikan untuk mengulang kata sandi untuk pendaftaran pajak online mudah diingat. Kesalahan penulisan kata sandi juga menjadi salah satu penyebab  Taxmates gagal saat mendaftarkan NPWP.

    3. Alamat Tidak Sesuai KTP

Salah satu penyebab lainnya adalah kesalahan penulisan detail alamat. Taxmates mungkin memasukkan alamat atau lokasi tempat tinggal yang tidak  sesuai dengan data di KTP Taxmates.

    4. Tidak Memenuhi Persyaratan

Kegagalan pendaftaran pajak Taxmates juga disebabkan oleh persyaratan yang tidak sesuai . Misalnya tidak memiliki KTP, tidak memiliki penghasilan,    tidak mengunggah KTP sesuai syarat, dan tidak mengisi formulir dengan benar.

    5. Belum memperbarui NIK dan KK

Kegagalan pendaftaran pajak Taxmates juga disebabkan oleh persyaratan data pribadi terutama NIK dan KK yang belum diperbarui. Masih banyak orang    yang belum mengetahui bahwa dalam beberapa kondisi menyebabkan perubahan nomor NIK dan KK. 


Solusi Jika Registrasi Pajak Gagal

Jika proses registrasi pajak Taxmates gagal, berikut adalah solusi yang bisa Taxmates lakukan untuk mendapatkan NPWP.

    1. Mengisi Formulir dengan Lengkap

Untuk mengatasi kesalahan saat pendaftaran pajak, pastikan Taxmates mengisi formulir secara lengkap. Pastikan juga bahwa Taxemates sudah  menuliskan data diri sesuai dengan data di KTP.

    2. Aktivasi Email

 Pastikan juga untuk melakukan aktivasi email agar proses registrasi dapat berjalan dengan baik. 

    3. Pastikan data pribadi seperti NIK dan KK sudah diperbarui

Seringkali karena perubahan status atau kategori wajib pajak membuat data pribadi seperti NIK dan KK ikut berubah, tetapi masih banyak wajib pajak        yang belum mengetahui bahwa data pribadi tersebut harus kembali dilakukan verifikasi dan validasi ke Dukcapil atau ke Kantor Pajak. Akibatnya    seringkali dalam pembuatan NPWP ada yang gagal karena data NIK dan KK tidak valid.

    4. Konsultasi Pajak Gratis di HiPajak

HiPajak menyediakan jasa konsultasi gratis dengan konsultan bersertifikat di aplikasi HiPajak. Dari mulai administrasi pajak sampai dengan pelaporan  pajak dapat dibantu oleh konsultan HiPajak. Selain itu untuk pengguna baru juga mendapatkan gratis konsultasi pajak.

Demikian penjelasan dari solusi apabila Taxemates mengalami kegagalan saat proses registrasi pajak. Mudah bukan? Jadi ngga perlu bingung lagi apabila Taxmates mengalami kegagalan dalam registrasi NPWP, sebab Taxmates sekarang sudah memahami solusi ketika gagal registrasi NPWP. Semoga bermanfaat.