Layanan Online Samsat

Posted on 15/07/2022

Bagi pemilik kendaraan bermotor, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Samsat. Setiap tahun, para pemilik kendaraan bermotor memiliki kewajiban untuk membayar pajak kendaraan. Nah, pembayaran pajak tersebut dilakukan di kantor Samsat. Namun, sebenarnya apa itu SAMSAT? Apa kepanjangan Samsat? Seperti apa fungsi SAMSAT bagi pemilik kendaraan bermotor? 

Samsat merupakan singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Menurut Peraturan Presiden (PP) No. 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Samsat, Samsat sendiri merupakan sebuah rangkaian sistem yang berfungsi untuk menyelenggarakan tugas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Registrasi serta Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regiden Ranmor), dan juga pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLJ). Samsat sekarang juga dapat diakses secara online.

Apa itu samsat online?

Layanan samsat online adalah sebuah layanan dari Samsat yang berguna untuk mengurus dokumen berkaitan dengan kendaraan bermotor. Layanan ini bisa kamu dapatkan pada sebuah aplikasi Signal yang telah dirilis pada awal tahun 2022 lalu dan bisa digunakan di 29 provinsi yang ada di Indonesia.

Layanan samsat online Signal bisa kamu unduh di Google Play Store ataupun AppStore. Signal sebagai aplikasi samsat digital Nasional menyediakan layanan penerbitan STNK, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Lalu bagaimana cara mendaftar samsat online Signal? Berikut penjelasan lengkap yang harus kamu simak!

  1. Setelah kamu menginstal aplikasi Signal, kamu bisa mulai login dengan memasukkan data-data pribadi, seperti NIK, nama sesuai e-KTP, alamat email, nomor handphone. Kemudian masukkan juga kata sandi dan ulangi kata sandi tersebut sebagai bentuk konfirmasi.
  2. Upload foro e-KTP kamu dan lakukan verifikasi biometric wajah dengan cara melakukan swafoto.
  3. Masukkan OTP yang dikirimkan melalui SMS pada nomor handphone yang telah kamu masukkan sebelumnya.
  4. Setelah proses registrasi berhasil, kamu bisa melakukan verifikasi dengan klik link yang dikirimkan oleh Signal ke e-mail yang telah didaftarkan sebelumnya.

Setelah akunmu berhasil dibuat, kamu bisa mulai menambahkan data kendaraan milik sendiri maupun milik orang lain. Tak hanya itu di aplikasi layanan online samsat ini, kamu bisa membayar pajak kendaraan bermotor dengan cara:

  1. Pilih Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) yang akan dilakukan pengesahaan lalu klik lanjut.
  2. Akan muncul SKK dengan jumlah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan SWDKLLJ yang harus dibayarkan. Kemudian slide dan klik “dokumen TBPKP”.
  3. Masukkan alamat pengiriman sesuai dengan kolom yang ada.
  4. Selanjutnya akan muncul rekap biaya, klik “Lanjut”.
  5. Muncul notifikasi memilih cara pembayaran, klik “Pilih Cara Pembayaran.”
  6. Selanjutnya akan muncul kode bayar, jumlah biaya yang harus dibayar, dan cara pembayarannya.
  7. Setelah kamu klik “Lanjut” maka cara pembayaran akan muncul sesuai dengan bank yang dipilih dan selesai.

Bagaimana? Mudah dan praktis bukan? Itulah beberapa hal yang perlu Taxmates ketahui tentang layanan online samsat. Tak hanya itu, kini Pajak Bumi dan Bangunan juga bisa dilakukan secara online. Maka perlu kamu tahu juga tentang cara mengecek tagihan pajak PBB di sini.